Bahaya Kafein

Kafein adalah zat kimia yang tergolong dalam jenis alkaloid. Kafein berasal dari tanaman yang dapat menstimulasi otak dan saraf. Lantas, bagaimanakah pengaruh kafein jika dikonsumsi?
Selain pada kopi, kafein banyak ditemukan dalam minuman teh, cola, coklat, minuman berenergi (energy drink) maupun obat-obatan. Kandungan kafein pada secangkir kopi sekitar 80-125 mg. Sedangkan satu kaleng soft drink cola mengandung sekitar 23-37 mg, teh mengandung sekitar 40 mg, dan satu ons coklat mengandung sekitar 20 mg kafein. Sejauh ini, belum ada penelitian ilmiah yang menyatakan konsumsi kafein dalam taraf normal dapat membahayakan kesehatan. Namun, konsumsi kafein secara berlebihan dapat menimbulkan berbagai masalah, seperti warna gigi yang berubah menjadi coklat atau gelap, bau mulut, meningkatkan stress, serangan jantung, kemandulan pada pria, gangguan pencernaan, kecanduan, dan bahkan penuaan dini. Kafein juga merupakan salah satu penyebab utama terjadinya sakit kepala. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa konsumsi kopi dalam jumlah berlebih dipagi hari dapat meningkatkan tekanan darah, tingkat stress, dan memicu produksi hormon penyebab stres.


Untung /me ga ngerokok. :)

One Response so far.

  1. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa konsumsi kopi dalam jumlah berlebih dipagi hari dapat meningkatkan tekanan darah.